Menyiapkan Santri Tani Milenial Usaha Ayam Buras

19November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Menyiapkan Santri Tani Milenial Usaha Ayam Buras

Menyiapkan Santri Tani Milenial Usaha Ayam Buras

bbpplembang bimtekkstm tasik leuwisari1bbpplembang bimtekkstm tasik leuwisari1TASIKMALAYA. Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi bagi Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM). Kali ini dilaksanakan di BPP Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah peserta 120 orang dari 12 pondok pesantren.

bbpplembang bimtekkstm tasik leuwisari2bbpplembang bimtekkstm tasik leuwisari2Pembukaan kegiatan, Kamis (04/04/2019) oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Lembang, Ramadani Saputra. “Selama Bimtek akan diajarkan budidaya ayam kampung mulai dari pembuatan kandang, pemeliharaannya, bagaimana pemberikan pakan dan mengenal penyakit pada ayam dan mencegahnya. Saya berharap peserta bisa memanfaatkan ini dengan baik, interaktif dengan fasilitator sehingga sepulang dari sini bisa beternak ayam kampung dengan baik”, jelas Ramadani. “Apabila menemui kesulitan, terus komunikasi dengan Dinas para penyuluh sehingga sukses bisnis ayam kampung”, ujarnya lagi sesaat sebelum membuka kegiatan secara resmi.

bbpplembang bimtekkstm tasik leuwisaribbpplembang bimtekkstm tasik leuwisariSelanjutnya dijelaskan oleh fasilitator tentang Ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB) yang akan diberikan kepada setiap KSTM yaitu paket budidaya ayam kampung sebanyak 500 ekor, bantuan pembuatan kandang, bantuan pakan, vaksin, vitamin dan desinfektan. Ayam KUB ini memiliki kelebihan lebih tahan penyakit, bertelur lebih banyak, dan pertumbuhannya cepat.

Bimtek dilaksanakan selama 2 hari, 4-5 April 2019. Selama Bimtek, peserta diberikan materi tentang: Desain kandang ayam; cara membuat kandang ayam; pemeliharaan ayam; pengelolaan pakan ayam; dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit. Fasilitator Bimtek merupakan penyuluh pertanian di Kabupaten Tasikmalaya. (Chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783