Giat Santri Tani dalam Bisnis Ayam Kampung

19November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Giat Santri Tani dalam Bisnis Ayam Kampung

Giat Santri Tani dalam Bisnis Ayam Kampung

bbpplembang bimtekkstm tasik rajapolah1bbpplembang bimtekkstm tasik rajapolah1TASIKMALAYA. Bisnis dibidang peternakan seperti misalnya ayam kampung sangatlah menjanjikan keuntungan yang berlipat. Daging dan telurnya memiliki harga relatif tinggi di pasaran karena permintaan konsumen juga tinggi. Asalkan ditekuni dengan baik dan memahami bagaimana proses budidayanya mulai dari menyiapkan kandang, meramu pakan yang tepat, dan mengenal penyakit pada ayam dan melakukan pencegahan penyakit dengan vaksin agar tidak keburu sakit dan mati yang menyebabkan kerugian, maka akan sukses di bisnis ayam kampung.

Proses belajar budidaya ayam kampung  terlihat di salah satu sudut di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rajapolah, dimana berkumpul 120 orang santri dari 12 Kelompok Santri Tani Milenial bbpplembang bimtekkstm tasik rajapolahbbpplembang bimtekkstm tasik rajapolah(KSTM). Mereka beruntung bisa menjadi penerima manfaat Program Penumbuhan dan Penguatan KSTM yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian tahun 2019 ini. Setelah melalui proses identifikasi dan verifikasi oleh tim Kementerian Pertanian, maka 10 orang dari 20-30 anggota KSTM yang ada di setiap pondok pesantren, berhak mengikuti Bimtek.

Pembukaan Bimtek Peningkatan Kompetensi bagi Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) digelar di BPP Rajapolah, Senin (08/04/2019). Kegiatan ini kerjasama BBPP Lembang dengan Pusat Pendidikan Pertanian selama 2 hari, dari tanggal 8-9 April 2019. Pembukaan Bimtek oleh Kasie Non Aparatur BBPP Lembang, Irwan Waluya. “Paket bantuan budidaya ayam kampung untuk setiap KSTM ini adalah 500 ekor ayam kampung usia 4 minggu, bantuan pakan selama 2 bulan, vitamin, obat, dan desinfektan, serta bantuan pembuatan kandang”, jelas Irwan sebelum membuka kegiatan. Fasilitator Bimtek yaitu penyuluh dan petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya. (Chetty)

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783