Inokulasi Trichoderma Dipraktikkan pada Pelatihan Onsite Training Model

20July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Inokulasi Trichoderma Dipraktikkan pada Pelatihan Onsite Training Model

Inokulasi Trichoderma Dipraktikkan pada Pelatihan Onsite Training Model

bbpplembang pelatihanOTM angkt47 sesi 4bbpplembang pelatihanOTM angkt47 sesi 4LEMBANG. Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model di Kelompok Tani Cialieu, Cibodas Lembang memasuki sesi 4 pada Jumat (26/04/2019). Kali ini peserta memperoleh materi tentang pemeliharaan tanaman berupa pengendalian hama dan penyakit dengan cara pembuatan pestisida nabati, PGPR, dan Trichoderma. Fasilitator sesi ini adalah Petugas POPT Kabupaten Bandung Barat, Nendi dan Lida.

bbpplembang pelatihanOTM angkt47 sesi 4 2bbpplembang pelatihanOTM angkt47 sesi 4 2“pestisida nabati, PGPR dan Trichoderma merupakan aplikasi pengendalian hama dan penyakit secara organik dan tentunya ramah lingkungan”, ujar Nendi. Dijelaskan pula alat dan bahan dalam pembuatan ketiganya yang dapat diperoleh disekitar kita sehingga biaya yang dikeluarkan tidak mahal. Proses pembuatannya pun tidak sulit asalkan petani mau kerja keras dan berkeinginan untuk berbudidaya secara sehat.

Sebelum praktik inokulasi atau perbanyakan trichoderma, fasilitator menjelaskan langkah-langkah inokulasi trichoderma: 1) Tangan harus dalam keadaan bersih dan steril dengan cuci tangan serta menyemprotkan alcohol, 2) buka lipatan plastik media berupa beras yang sudah dikukus terlebih dahulu, 3) sterilkan jarum ose dengan cara membakar jarum ose pada bunsen/lampu spirtus hingga pijar, lalu celupkan pada alkohol, 4) ambil bibit cendawan yang ada dalam botol dengan menggunakan jarum ose yang sudah disterilkan tadi, lalu masukkan kedalam media beras yang telah dikukus, 5) lipat ujung plastic lalu beri label. Peserta secara bergantian praktik inokulasi trichoderma agar mengetahui bagaimana cara perbanyakan trichoderma yang dapat membantu mereka untuk nantinya berbudidaya tanaman yang baik, benar, dan sehat. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783