Pelatihan Vokasi Budidaya Krisan Potong Mencetak SDM yang Handal

19November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pelatihan Vokasi Budidaya Krisan Potong Mencetak SDM yang Handal

Pelatihan Vokasi Budidaya Krisan Potong Mencetak SDM yang Handal

bbpplembang pelatihanvokasi tanamanhiasbbpplembang pelatihanvokasi tanamanhiasCIANJUR. Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, turut berpartisipasi aktif mencetak SDM bidang pertanian yang handal dan mampu bersaing serta dibutuhkan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Melalui Pelatihan Teknis Tematik Vokasi Budidaya Krisan Potong, tantangan tersebut mencoba untuk dijawab oleh BBPP Lembang di era Revolusi Industri 4.0 ini. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari mulai 7 – 11 Oktober 2019 bertempat di Stasiun Terminal Agribisnis (STA) Cigombong Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Peserta pelatihan sebanyak 30 orang petani milenial yang bergerak di usaha budidaya krisan potong.

bbpplembang pelatihanvokasi tanamanhias1bbpplembang pelatihanvokasi tanamanhias1Pembukaan pelatihan, Senin (07/10/2019) oleh Widyaiswara BBPP Lembang, Yeyep Dintan dan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dan para fasilitator. “Perkembangan pasar global menuntut persaingan kualitas dan profesionalisme tenaga kerja yang kompeten pada bidang tertentu. Ini menuntut tersedianya SDM yang berkualitas dan berdaya saing”, ujar Yeyep saat memberikan penjelasan latar belakang pelaksanaan pelatihan vokasi. ”Peningkatan kompetensi kerja SDM sektor pertanian bisa dengan jalur pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir sesuai minat dan bakat. Generasi milenial sebagai penerus bangsa, harus diberdayakan kemampuannya dan BBPP Lembang berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM dengan pelatihan pertanian berbasis vokasi yang memadukan (link and match)  antara SDM pertanian dan dengan dunia usaha dunia industri (DUDI)”, jelas Yeyep lagi.

bbpplembang pelatihanvokasi tanamanhias2bbpplembang pelatihanvokasi tanamanhias2Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah meningkatkan keterampilan peserta latih sehingga menjadi SDM yang handal dan dibutuhkan oleh DUDI. Capaian yang ingin diperoleh adalah peserta yang telah dilatih akan menjadi SDM yang handal, tidak hanya pada tataran teori namun juga terampil dan kompeten dan siap pakai saat dibutuhkan oleh DUDI. Yang terpenting, melalui Pelatihan Teknis Tematik Vokasi Budidaya Krisan Potong ini, dapat mengubah mindset petani milenial menjadi petani muda yang maju, berwawasan, dan terampil dibidangnya.

Selama berlatih, peserta memperoleh materi tentang apa yang tercantum didalam SKKNI Krisan Potong dengan Unit Kompetensi Level Pelaksana, yaitu: Melaksanakan Prosedur K3 di Tempat Kerja pada Budidaya Krisan Potong, Menanam Benih Krisan Potong, Memupuk Tanaman pada Budidaya Krisan Potong, Melakukan Perompesan pada Budidaya Krisan Potong, dan Melakukan Kegiatan Sanitasi pada Budidaya Krisan Potong.  (chetty)

 

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783