Peran Penyuluh Program IPDMIP Mendukung Kostra Tani

11December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Peran Penyuluh Program IPDMIP Mendukung Kostra Tani

Peran Penyuluh Program IPDMIP Mendukung Kostra Tani

bbpplembang pembukaan IPDMIP angkt4-6bbpplembang pembukaan IPDMIP angkt4-6Kostra Tani merupakan terobosan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan peran penyuluh pertanian.  Setiap Balai Penyuluhan Pertanian akan dilengkapi data dan dilengkapi perangkat digital yang dapat memantau kapan panen, proses tanam, dinamika pasar dalam dan luar negeri serta pergerakan alsintan.

LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Sekretariat Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, mengadakan Kegiatan Penyegaran Program Program Integrated Participatory Development and Mangement of Irrigation Project (IPDMIP) yang dilaksanakan selama 1 minggu mulai 17-23 November 2019. Kegiatan diikuti oleh 90 orang penyuluh pertanian dari berbagai provinsi di wilayah Indonesia yang merupakan wilayah IPDMIP.

Pembukaan kegiatan, Senin (18/11/2019) oleh Lutfi Halide. Dihadiri oleh seluruh Kepala UPT Kementerian Pertanian Lingkup Lembang, yaitu Kepala BBPP Lembang, Kepala BPTP Jawa Barat, Kepala BIB Lembang, Kepala Balitsa, dan Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bandung.

Dalam sambutan selamat datang, Kepala BBPP Lembang, Kemal Mahfud menyampaikan: “Kebijakan Kementerian terkait penyuluhan saat ini adalah Kostra Tani. Ini diharapkan dapat menggerakkan penyuluh dalam pembangunan pertanian,” jelasnya

bbpplembang pembukaan IPDMIP angkt4-6 1bbpplembang pembukaan IPDMIP angkt4-6 1Lutfi Halide menyampaikan, “Program 100 hari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yaitu bagaimana memenuhi pangan 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Dibutuhkan kolaborasi Kementerian Pertanian lintas sektoral untuk satu data tentang pertanian,” jelas Lutfi. “Mentan juga menegaskan peran penyuluh pertanian penting karenanya dibentuk Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) sebagai simpul koordinasi karena pusat kegiatan pertanian akan berada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).” “Mari kita semua bekerja ikhlas menjalani peran dalam pembangunan pertanian untuk kesejahteraan petani”, ajak Lutfi dihadapan para peserta pembekalan IPDMIP. (Chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783