Pemuda Tani Indonesia Siap Jalani Magang Program SSW

19October2021

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pemuda Tani Indonesia Siap Jalani Magang Program SSW

Pemuda Tani Indonesia Siap Jalani Magang Program SSW

Setelah menjalani tahap seleksi Magang Pemuda Tani Program SSW (Specified Skilled Worker) pada Senin (15/3) lalu, telah terpilih 30 dari 126 orang peserta untuk menjadi bagian pemuda tani Indonesia yang berkesempatan bekerja dan menimba ilmu pertanian di Jepang. Untuk mempersiapkan bekal sebelum berangkat ke Negeri Sakura peserta harus menjalani masa orientasi di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang.  

bbppl-sswbbppl-ssw

Materi magang difokuskan pada pembelajaran budaya dan Bahasa Jepang dengan target lulus tes JFT Basic A2 dan JLPT N4. Kegiatan dimulai pada Kamis (15/4) selama 75 hari sampai dengan 25 Juli 2021. Peserta akan dibimbing oleh 23 orang Widyaiswara BBPP Lembang dan Ikatan Keluarga Alumni Magang Jepang (IKAMAJA), serta melibatkan Lembaga Bahasa Jepang, Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional (KAPTEN) dan Tim FMD.  

"Selamat menimba ilmu di BBPP Lembang. Kita harus benar-benar serius. Hasilnya harus maksimal," tegas Dedih Zaenudin, Koordinator Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, saat pembukaan. Dirinya juga menekankan masing-masing peserta harus berkomitmen demi keberhasilan bersama. "Tingkatkan kedisiplinan, bangun etos kerja, kalian merupakan pemuda pemudi pilihan. Selama 75 hari ke depan anggap keluarga besar BBPP Lembang seperti keluarga sendiri. Selamat belajar," tutupnya.  

Tujuan utama kegiatan ini adalah peserta harus mendapat sertifikat JFT Basic A2 atau JLPT N4 dan sertifikat teknis pertanian ASAT. Jika ada 1 peserta gagal maka program ini dianggap gagal. Oleh sebab itu diperlukan keseriusan dan kerjasama yang baik antara BBPP Lembang, peserta, dan seluruh pihak yang terlibat.  

Hal ini menunjukkan keseriusan Kementerian Pertanian dalam menyelenggarakan Magang Pemuda Tani Program SSW sebagai salah satu dari tiga program aksi Kementan yang diamanatkan kepada Eselon I Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) yakni pada bidang Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan.  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga menyatakan dukungannya bahwa penyiapan tenaga kerja harus dilakukan. “Kita membutuhkan petani milenial yang siap bersaing secara global. Untuk itu, kemampuan tenaga tani harus disiapkan, salah satunya melalui program magang," katanya. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menyampaikan, “Sesuai arahan Menteri Pertanian maka kita harus siapkan petani milenial untuk terjun ke bisnis pertanian, baik level nasional maupun level internasional. Salah satu caranya dengan magang ke Jepang melalui Program SSW," katanya. 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783