Kelola Keuangan Rumah Tangga Petani, Cara Cerdas Tingkatkan Kesejahteraan

19October2021

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Kelola Keuangan Rumah Tangga Petani, Cara Cerdas Tingkatkan Kesejahteraan

Kelola Keuangan Rumah Tangga Petani, Cara Cerdas Tingkatkan Kesejahteraan

Rumah tangga petani membutuhkan lebih dari sekedar keahlian teknis budidaya tanaman untuk meningkatkan kesejahteraannya.  

bbppl-pleksukabumibbppl-pleksukabumi

Tiga puluh (30) pasangan suami istri yang tergabung dalam kelompok tani dilatih di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang melalui Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) bagi Kelompok Tani IPDMIP.   Pelatihan dilaksanakan pada 2-4 September 2021 dengan peserta berasal dari 10 kecamatan di Kabupaten Sukabumi.  

"Kunci keberhasilan peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani adalah kualitas sumberdaya manusia pertanian, utamanya petani," tegas Ajat Jatnika, Kepala BBPP Lembang, saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan.  

Tujuan utama PLEK adalah meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan usaha tani dimulai dari skala terkecil rumah tangga.  

Fasilitator pelatihan berasal dari Widyaiswara BBPP Lembang dan praktisi yang kompeten di bidangnya. Materi pelatihan terdiri dari: Pengenalan Produk dan Layanan Keuangan Formal (KUR), Asuransi Usaha Tani Padi (AUPT), Pembiayaan Keuangan Usaha Tani, Konsolidasi Usaha Tani, dan Perencanaan & Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga.  

Di sela-sela kegiatannya yang padat, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan pesan, "Saya selalu mengatakan bahwa pertanian itu bukan proyek, tetapi program jangka panjang yang ujungnya adalah mensejahterakan rakyat melalui 3 M (maju, mandiri, modern). Literasi keuangan pertanian terus dikuatkan. Dengan begitu, petani bisa menyusun strategi usahatani yang ideal. Yang pasti, petani harus memiliki manajemen keuangan yang sangat sehat," terang SYL.  

Menindaklanjuti program Kementan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menegaskan, "Melalui pelatihan pengelolaan keuangan keluarga petani, diharapkan pendapatan masyarakat perdesaan target IPDMIP di Indonesia bisa turut meningkat," kata Dedi melalui keterangan tertulisnya.” (DRY)

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783