Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis Bagi Petani

12December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis Bagi Petani

Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis Bagi Petani

bbpplembang_kwirausahaan_03bbpplembang_kwirausahaan_03

Dalam mensukseskan program Pembangunan Pertanian di Negara Republik Indonesia perlu didukung oleh para pelaku yang mempunyai jiwa Enterpreuneur / Kewirausahaan yang memiliki kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar / kiat dari sumber daya manusia untuk mencari peluang sukses.  Proses kreatif dan inovatif tersebut biasanya diawali dengan memunculkan ide-ide dan pemikiran baru untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

 

Wirausaha yang sukses pada umumnya ialah mereka yang memiliki kompetensi (ilmu pengetahuan dan keterampilan) dalam hal : Manajerial (Managerial Skill), Melihat Persoalan Secara Menyeluruh dan Komprehensip dan Menganalisisnya (Conceptual Skill), Berkomunikasi, Mengerti, Memahami dan Menjalin Relasi (Human Skill), Keterampilan Merumuskan Masalah dan Mengambil Keputusan (Decision Marking Skill), Keterampilan Mengatur dan Menggunakan Waktu (Time Management Skill) serta Keterampilan Teknis Kekhususan. Wirausahawan juga harus memiliki kualitas individu yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai hidup serta perilaku yang diperlukan untuk selalu berkomitmen terhadap pekerjaan yang dilaksanakan.

 

Untuk mewujudkannya, BBPP Lembang sebagai salah satu lembaga pendidikan pemerintah telah melaksanakan pelatihan berdasarkan Keputusan Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang Nomor: 38/Kpts/SM.100/J.3.7/02/2011, Tanggal  28 Februari 2011 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis Bagi Petani yang dilaksanakan dari Tanggal 24 s.d. 31 Maret 2011 selama 7 hari efektif sebanyak 56 Jam berlatih.

 

bbpplembang_kwirausahaan_02bbpplembang_kwirausahaan_02

 

Output yang diharapkan dari pelatihan ini yakni terlatihnya 90 orang peserta pelatihan untuk Mengembangkan jiwa dan sikap kewirausahaan agribisnis; Menumbuhkan wirausaha baru dari kalangan masyarakat pertanian; serta khusus 2 angkatan diseleksi sebagai calon peserta pelatihan Orientasi Magang Jepang yang menjadi pemuda tani terpilih yang berkualitas pada calon peserta kegiatan Magang Jepang.

 

Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis Bagi Petani Angkatan I dan II diikuti sebanyak 58 orang pemuda tani dari 60 calon peserta yang direncanakan, berasal dari wilayah kerja P4S dan IKAMAJA binaan BBPP Lembang, dengan rincian : Propinsi Jawa Barat 46 Orang, DKI. Jakarta 8 Orang, Maluku Utara 3 Orang dan Maluku 1 Orang. Sedangkan untuk Angkatan III diikuti oleh 29 orang dari 30 calon peserta yang direncanakan, berasal dari wilayah kerja BBPP Lembang, dengan rincian Propinsi Jawa Barat 17 Orang, DKI. Jakarta 2 Orang, Banten 7 Orang, Maluku 3 Orang dan Papua 1 Orang. Dari Keseluruhan Peserta Jumlah peserta laki-laki sebanyak 79 Orang dan peserta perempuan sebanyak 8 orang, maka total realisasi peserta pelatihan 87 Orang dari 90 Orang calon peserta yang direncanakan.

 

Tempat pelaksanaan kegiatan teori di Hotel Pelangi Lembang dan untuk lokasi kunjungan / praktek lapangan, khusus Angkatan I dan II di P4S Agro Farm Cianjur sementara Angkatan III di P4S Mekarsari Subang.

 

bbpplembang_kwirausahaan_01bbpplembang_kwirausahaan_01Dari hasil kegiatan dapat terlihat bahwa, pelaksanaan pelatihan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar  sesuai dengan rencana yang telah ditentukan ; Seluruh peserta menyatakan bahwa kegiatan pelatihan sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam melaksanakan Wirausaha di bidang agribisnis terbukti dari hasil rata-rata evaluasi awal dan akhir untuk Angkatan I berjumlah 48,54 % ; Angkatan II berjumlah 46,08 % dan Angkatan III berjumlah 51,13 %.

 

Untuk mengetahui dan mengoptimalkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan dan penerapannya di tingkat lapangan sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh Kementerian Pertanian dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran melalui pengembangan usaha agribisnis perdesaan sesuai dengan potensi wilayah berbasis kewirausahaan, maka masih diperlukan adanya upaya pembinaan bimbingan lanjutan serta monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan baik oleh pejabat di tingkat pusat maupun tingkat daerah.

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783