PENGAWALAN PELAKSANAAN MAGANG

12December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan PENGAWALAN PELAKSANAAN MAGANG

PENGAWALAN PELAKSANAAN MAGANG

bbppl-Pengawalan magang p4s 1bbppl-Pengawalan magang p4s 1Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah salah satu lembaga masyarakat milik petani yang secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumberdaya manusia pertanian
yaitu petani dan masyarakat di wilayahnya, dalam bentuk pelatihan, penyuluhan dan pendidikan. P4S ini merupakan kelembagaan pemagangan bagi keluarga tani yang dibangun, dimiliki dan dikelola oleh petani baik secara perorangan maupun kelompok dan merupakan perwujudan kemandirian di bidang pelatihan pertanian, juga merupakan perwujudan nyata partisipasi aktif dalam mempercepat proses pencetakan jiwa agribisnis di perdesaan melalui penyebaran informasi, teknologi khususnya dalam pembangunan pertanian di perdesaan dan melalui proses pemagangan.

Hal tersebut dilandasi oleh adanya fakta keberhasilan petani maju dalam usahanya yang layak dicontoh dan ditiru oleh petani lainnya, sehingga mendorong pemerintah untuk memotivasi petani maju tersebut dalam menumbuhkan kelembagaan pelatihan/permagangan petani.

bbppl-Pengawalan magang p4s 2bbppl-Pengawalan magang p4s 2Kelembagaan P4S sangat strategis untuk terus diberdayakan, baik dari aspek manajemen pelatihan/permagangan maupun kelembagaan usaha, sehingga kontribusinya dalam mempercepat penerapan teknelogi baru di bidang pertanian tingkat petani dan masyarakat perdesaan meningkat secara nyata.

Berkaitan dengan hal tersebut maka dituntut pengelolaan P4S harus lebih profesional dan berwawasan ke depan, inovatif serta mampu bersaing di pasaran global. Dengan harapan sasaran program tercapai secara efektif dan efisien.

Hal ini dipandang penting, mengingat kapasitas pengelola P4S tersebut masih perlu ditingkatkan kemampuannya melalui pembinaan secara berkesinambungan sehingga mampu membawa P4S sebagai mitra kerja pemerintah dalam mengembangkan sumberdaya manusia pertanian.

Untuk mewujudkannya, BBPP Lembang melaksanakan kegiatan “Pengawalan Magang di P4S“ sebagai persiapan kegiatan Magang di P4S dengan biaya yang bersumber dari DIPA Satker BBPP Lembang Tahun Anggaran 2010.

bbppl-Pengawalan magang p4s 3bbppl-Pengawalan magang p4s 3Tujuan pengawalan pelaksanaan magang adalah : memahami prinsip, tujuan, dan tahapan pelaksanaan magang; Memahami dan menguasai manajemen pelatihan/permagangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan sampai dengan mengevaluasi proses kegiatan permagangan; Melaksanakan kegiatan pelatihan/permagangan di wilayah kerja masing - masing; Mampu menjadi pionir pembangunan pertanian di perdesaan sehingga dapat menularkan dan memotivasi kepada embrio P4S dan P4S pemula di wilayah kerja masing - masing; serta Memahami dan mampu mempertanggungjawabkan administrasi kegiatan magang (baik administrasi keuangan dan non keuangan).

Kegiatan ini melibatkan 18 peserta dari 9 P4S Terpilih Binaan BBPP Lembang yaitu : P4S Mekar Tani Jaya (Bandung Barat), P4S Pasir Muncang (Bandung Induk), P4S Karya Peduli Hayati (Majalengka), P4S Karangsari (Ciamis), P4S Mekar Sari (Subang), P4S Bagussantri (Kota Banjar), P4S Sri Mulya (Indramayu), P4S Agri Kencana ( Serang) dan P4S Bougenville (Jakarta Barat).

bbppl-Pengawalan magang p4s 4bbppl-Pengawalan magang p4s 4Pengawalan Pelaksanaan Magang dilaksanakan selama 4 hari efektif sebanyak 32 Jam Berlatih mulai dari Tanggal 24 sampai dengan 28 Mei 2010, bertempat di Kampus Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, dengan pola pelatihan berupa penjelasan program, pembekalan materi, perencanaan kegiatan magang, penyusunan proposal, pengadministrasian keuangan dan non keuangan serta pembuatan Rencana Tindak lanjut (RTL).

bbppl-Pengawalan magang p4s 5bbppl-Pengawalan magang p4s 5Proses berjalannya kegiatan Pengawalan Pelaksanaan Magang mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pelatihan, telah dilakukan dengan baik dan berjalan sesuai dengan harapan, akan tetapi masih ditemui permasalahan pada saat pemanggilan peserta, tidak diinformasikan secara jelas tentang syarat pemanggilan peserta sehingga masing - masing peserta kurang optimal dalam persiapan kegiatan berkaitan dengan tidak membawa kelengkapan berupa: Profil P4S, Contoh Produk Usaha, Dokumen Administrasi Keuangan dan Non Keuangan, Dokumentasi Kegiatan di P4S, Contoh Laporan Pelaksanaan Magang serta Daftar Nama Calon Peserta Magang di P4S wilayah masing-masing.

Secara keseluruhan peserta menyatakan bahwa kegiatan Pengawalan Pelaksanaan Magang ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kemampuan, wawasan dan pengetahuan sebagai pengelola P4S dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan Magang di P4S yang akan dilaksanakan menyusul setelah mengikuti kegiatan pengawalan pelaksanaan magang ini.

Tingginya komitmen personil panitia penyelenggara dan peserta berkinerja Bagus mencapai angka 99,8%. Hal ini sangat didukung oleh semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan ini; Sehingga kualitas pelatihan yang efektif dan efesien bagi peningkatan kompetensi pengelola P4S terpilih dalam melaksanakan kegiatan permagangan selanjutnya.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi selayaknya disampaikan kepada segenap panitia dan semua pihak yang telah membantu atas tanggungjawab, dedikasi, totalitas, loyalitas dan ketulusan bagi terselenggaranya kegiatan Pengawalan Pelaksanaan Magang dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir pelaksanaannya sesuai dengan harapan kita semua.

Semoga segenap upaya mulia ini senantiasa bermanfaat bagi petani sebagai sasaran pembangunan pertanian dan masyarakat pada umumnya serta merupakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Amiin.
 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783