PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN WILAYAH BARAT ANGK. I & II

21November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN WILAYAH BARAT ANGK. I & II

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN WILAYAH BARAT ANGK. I & II

bbppl-Kewirausahaan 1bbppl-Kewirausahaan 1Strategi pengembangan agribisnis dalam rangka menghadapi perdagangan bebas adalah menumbuhkembangkan kawasan industri pertanian dan....

meningkatkan kegiatan - kegiatan pertanian baik produksi maupun pemasarannya yang dapat dicapai dengan menumbuhkan wirausahawan di bidang agribisnis secara tangguh dalam menghadapi ketatnya persaingan pasar dan mampu memanfaatkan peluang-peluang ekonomi sebagai pelaku agribisnis.


bbppl-Kewirausahaan 2bbppl-Kewirausahaan 2Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif menjadikan dasar dan kiat bagi sumberdaya manusia untuk mencari peluang sukses. Hal tersebut merupakan inti dari kewirausahaan. Proses kreatif dan inovatif tersebut biasanya diawali dengan memunculkan ide-ide dan pemikiran baru untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.


Wirausaha yang sukses pada umumnya ialah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan meliputi: Keterampilan Manajerial (Managerial Skill), Keterampilan melihat persoalan secara menyeluruh dan komprehensip dan menganalisisnya (Conceptual Skill), Keterampilan berkomunikasi, mengerti, memahami dan menjalin relasi (Human Skill), Keterampilan merumuskan masalah dan mengambil keputusan (Decision Marking Skill), Keterampilan mengatur dan menggunakan waktu (Time Management Skill) serta Keterampilan teknis kekhususan.


Wirausahawan juga harus memiliki kualitas individu yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai hidup serta perilaku yang diperlukan untuk selalu berkomitmen terhadap pekerjaan yang dilaksanakan dan BBPP Lembang sebagai salah satu unit kerja di lingkup Kementerian Pertanian mempunyai tugas melaksanakan pengembangan sumberdaya manusia pertanian tersebut, sehingga saat ini merasa perlu untuk melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan Wilayah Barat.


bbppl-Kewirausahaan 3bbppl-Kewirausahaan 3Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Wilayah Barat ini terbagi kedalam 2 angkatan, Angkatan I ditujukan bagi Pemuda / Wanita Tani sedangkan Angkatan II ditujukan bagi Pemuda / Wanita Tani Embrio P4S dan P4S Kelas Pemula. Pelaksanaannya selama 7 hari efektif mulai dari tanggal 19 s.d 26 April 2010.


Pelatihan ini sebagai bagian dari upaya fasilitasi bagi tersedianya masyarakat pertanian yang diharapkan mampu untuk Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam bidang kewirausahaan agribisnis; Meningkatan kesiapan untuk memfasilitasi dalam mengembangkan kewirausahaan secara berkesinambungan; Meningkatkan kemampuan manajerial dalam mengelola agribisnis sesuai dengan komoditinya; Menumbuhkan wirausaha baru dari kalangan masyarakat pertanian; dan juga Mempersiapkan calon peserta Pelatihan Orientasi Magang Jepang.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini, untuk Angkatan I berasal dari 15 Kabupaten dan untuk Angkatan II berasal dari 23 Kabupaten di 6 Propinsi wilayah Binaan BBPP Lembang (Aceh, Bangka Belitung, Lampung, DKI. Jakarta, Banten dan Jawa Barat).


bbppl-Kewirausahaan 4bbppl-Kewirausahaan 4Pola kegiatan berupa 5 hari penyampaian materi secara klasikal di Kampus BBPP Lembang dan 2 hari kegiatan praktek lapang di P4S Mekar Sari milik Ibu Kartika berlokasi di Jalan Cagak Kabupaten Subang.
Hasil evaluasi materi yang dapat dipahami dan diserap oleh peserta Pelatihan Kewirausahaan Wilayah Barat Angkatan I, rata-rata peningkatan pengetahuannya sebesar 31,71 %; sedangkan bagi peserta Pelatihan Kewirausahaan Wilayah Barat Angkatan II rata-rata peningkatan pengetahuannya sebesar 30,95 %.

Beberapa saran dan usulan dari peserta yang perlu diperhatikan antara lain menginginkan agar materi pelatihan sebaiknya yang mudah diaplikasikan di daerah peserta, sebaiknya pola pelatihan lebih ditekankan pada kegiatan praktek dibandingkan dengan teori, diharapkan adanya pelatihan berjenjang lanjutan bagi alumni kewirausahaan angkatan II dalam upaya pemberdayaan kelembagaan P4S, Untuk mengefektifkan pemanggilan peserta sebaiknya melalui Forum Komunikasi (FK) jangan melalui dinas saja (agar informasi kegiatan pelatihan dapat diterima dengan cepat).


Tak lupa, ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi tak henti - hentinya disampaikan kepada segenap panitia dan semua pihak yang telah membantu atas tanggungjawab, dedikasi, totalitas, loyalitas dan ketulusan bagi terselenggaranya pelatihan ini dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir pelaksanaannya sesuai dengan harapan kita semua.

bbppl-Kewirausahaan 5bbppl-Kewirausahaan 5

 

Maju Terus Pemuda / Wanita Tani Indonesia !!!

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783