Apresiasi bagi Pelaksana Program PUAP dan Alumni TOMT

21October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Apresiasi bagi Pelaksana Program PUAP dan Alumni TOMT

Apresiasi bagi Pelaksana Program PUAP dan Alumni TOMT

 

Apresiasi bagi Pelaksana Program PUAP dan Alumni TOMT
 
bbppl-apresiasi puap 2.jpgbbppl-apresiasi puap 2.jpgDalam rangkaian kegiatan PUAP, BBPP Lembang mengadakan Apresiasi bagi Pelaksana Program PUAP dan Alumni TOMT mulai tanggal 27 – 29 April 2009, dimana pada hari selasa tanggal 28 April 2009 pukul 09.00 WIB diadakan acara Pembukaan, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Pengembangan SDM Pertanian, Bpk. Ir. Muchransyah Achmad, M.Si didampingi oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang. Acara ini dihadiri oleh Pelaksana PUAP dan Alumni TOMT dari  Balai Pelatihan Pertanian Cihea, Balai Pengembangan SDM Peternakan Ungaran, Balai Pengembangan SDM Pertanian Soropadan, Penyuluh dari BPTP Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta Pejabat Struktural dan Fungsional BBPP Lembang.
 

bbppl-apresiasi puap 1.jpgbbppl-apresiasi puap 1.jpgDalam sambutannya, Bpk. Muchransyah menyatakan bahwa Program PUAP merupakan program nasional yang patut didukung oleh semua pihak karena dapat mengurangi kemiskinan dan dapat menyerap tenaga kerja. Kantong-kantong kemiskinan banyak berada di daerah pedesaan karena itu Program PUAP menyentuh ke sana. Dengan adanya Program PUAP pula, para petani dapat memiliki usaha sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Yang harus diupayakan dalam usahatani adalah Second Generation Problems yaitu dari segi pemasaran dan pengolahan hasil, tidak hanya produksinya, untuk mencegah adanya overproduction. Metode yang digunakan dalam melatih Gapoktan yaitu dengan Pola SL sangat baik karena dengan pola tersebut, kemungkinan 90%-100% efektivitasnya akan tercapai. Dengan Pola SL, Gapoktan akan dibawa ke lapangan untuk melihat kondisi riil di lapangan sehingga dapat membuat perencanaan yang baik. Sekarang ini, sektor pertanian didukung Undang-undang Perbankan dimana salah satu klausanya menyatakan dapat mendirikan Bank Fokus. Untuk sektor Pertanian dapat mendirikan Bank Pertanian dengan kemudahan petani dapat meminjam modal tanpa agunan.

bbppl-apresiasi puap 3.jpgbbppl-apresiasi puap 3.jpgKegiatan apresiasi ini merupakan salah satu tahapan dari kegiatan PUAP dimana bertujuan untuk penyamaan persepsi, pola, metode dan materi pelatihan TOT PUAP bagi Penyuluh Pendamping dan Gapoktan yang rencana akan dilangsungkan pada bulan Mei tahun 2009.  
 
 
 
 
 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783