Pembukaan Pelatihan Agribisnis Hortikultura dan Kewirausahaan

22July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pembukaan Pelatihan Agribisnis Hortikultura dan Kewirausahaan

Pembukaan Pelatihan Agribisnis Hortikultura dan Kewirausahaan

Pelatihan Agribisnis Hortikultura dan Kewirausahaan

bbppl-agr horti wirus 6.jpgbbppl-agr horti wirus 6.jpgBBPP Lembang melaksanakan dua pelatihan pada bulan April ini, yaitu Pelatihan Agribisnis Hortikultura bagi Petugas/Penyuluh Pertanian tanggal 21 – 30 April 2009 dan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda Tani tanggal 21 – 27 April 2009. Pembukaan pelatihan ini dilaksanakan tanggal 21 April pukul 09.00 di Aula Catur Gatra BBPP Lembang oleh Kapusbanglattan Badan Pengembangan SDM Pertanian, Bpk. Ir. Heri Suliyanto, MBA, dan didampingi bbppl-agr horti wirus 3.jpgbbppl-agr horti wirus 3.jpgoleh Kepala Balai serta Pejabat Struktural dan Fungsional BBPP Lembang, dihadiri oleh peserta kedua pelatihan tersebut. Dalam sambutannya, Pak Kapus menyatakan bahwa usaha di bidang hortikultura harus selalu mengikuti trend yang ada di pasar yang setiap saat bisa berubah karena itu membutuhkan kreativitas inovasi yang tinggi dari para pelakunya. biasanya yang mengelola usaha bidang hortikultura adalah petani muda yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi.  Salah satu proses alih generasi yaitu dengan pendekatan kewirausahaan yang dari sejak dini harus ditanamkan pada generasi muda dalam rangka menghindari keterbelakangan ekonomi. Bangsa yang maju adalah bangsa yang populasinya adalah para wirausahawan.   

bbppl-agr horti wirus.jpgbbppl-agr horti wirus.jpgPelatihan Agribisnis Hortikultura dikuti oleh 30 orang dari 22 Kabupaten/Kota di 6 Provinsi wilayah binaan BBPP Lembang. Sedangkan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda Tani diikuti oleh 30 orang dari 16 Kabupaten/Kota wilayah binaan BBPP Lembang. Tujuan dari dilaksanakannya Pelatihan Agribisnis Hortikultura agar peserta dapat menyusun rencana kerja pengembangan agribisnis produk hortikultura yang menjadi unggulan di daerahnya. Sedangkan tujuan untuk Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Muda untuk dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan para petani muda dalam mengembangkan usaha taninya.

 
bbppl-agr horti wirus 5.jpgbbppl-agr horti wirus 5.jpg
 
Kegiatan yang akan diikuti oleh peserta kedua pelatihan tersebut, selain materi di kelas, peserta Pelatihan Agibisnis Hortikultura akan studi lapang ke CV. Bimandiri dengan total jam pelajaran teori dan praktek  sebanyak 80 JP, sedangkan peserta Pelatihan Kewirausahaan akan studi lapang ke P4S Alam Lestari, P4S Mekar Tani Jaya, serta LM3 Nurul Huda, dengan total jam pelajaran baik teori dan praktek sebanyak 56 JP. Untuk pengajar Pelatihan Agribisnis Hortikultura dari Ditjen Hortikultura, Widyaswara BBPP Lembang serta Dinas/Instansi Terkait. Untuk pengajar Pelatihan Kewirausahaan dari Pusbanglattan, Widyaiswara BBPP Lembang serta Dinas/Instansi Terkait.   

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783