Pelatihan Kewirausahaan

24July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan Kewirausahaan

 

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PEMUDA/WANITA TANI

 

Kewirausahaan_1.jpgKewirausahaan_1.jpgDi era globalisasi sekarang ini, sangat dibutuhkan pelaku usaha tani khususnya pemuda / wanita tani yang memiliki kemampuan mencari peluang sukses dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif sehingga dapat mendukung keberhasilan pembangunan pertanian secara luas.

Peluang sukses tersebut melalui pengembangan kewirausahaan. Wirausaha yang sukses pada umumnya ialah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memiliki kualitas individu, meliputi sikap, motivasi, nilai - nilai hidup dan selalu berkomitmen terhadap pekerjaan yang dilaksanakan. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha meliputi :

  1. Keterampilan Manajerial (managerial skill)
  2. Keterampilan untuk melihat persoalan secara menyeluruh dan komprehensip dan menganalisisnya (conceptual skill)
  3. Keterampilan berkomunikasi, mengerti, memahami dan menjalin relasi (human skill)
  4. Keterampilan merumuskan masalah dan mengambil keputusan (decision marking skill).
  5. Keterampilan mengatur dan menggunakan waktu (time management skill).
  6. Keterampilan teknis lain yang spesifik

Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda / Wanita Tani yang diselenggarakan  selama 10 hari efektif, mulai dari Tanggal 26 Agustus sampai dengan 5 September 2008 yang lalu telah memberikan harapan bagi terwujudnya sumberdaya manusia pertanian dalam hal ini, pemuda / wanita tani yang kompeten dan berdaya saing tinggi serta dapat mengembangkan potensi di wilayahnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan untuk dirinya, keluarga dan masyarakat sekitar.

 

Pelatihan Kewirausahaan ini diikuti oleh 30 peserta dari 6 propinsi di Indonesia meliputi Propinsi Bangka Belitung, Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Banten, DKI. Jakarta dan Jawa Barat. Untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta cukup signifikan setelah mengikuti pelatihan ini yaitu sebesar 72,95 %.

 

Kewirausahaan_2.jpgKewirausahaan_2.jpgKegiatan yang dilaksanakan terdiri dari klasikal dan praktek di lapangan, pada Tanggal 29 dan 30 Agustus 2008 peserta menggali ilmu aplikatif dengan mengikuti kegiatan praktek lapang di Kabupaten Subang yang dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok 1 ”Stroberi” dengan narasumber Ibu Rodiah (Kelompok Tani ”Mitra Usaha”), Kelompok 2 ”Mekar Saluyu” dengan narasumber ibu Oyok (Kelompok Tani ”Bina Usaha III”), dan Kelompok 3 ”Jambu” dengan narasumber Ibu Kartikasari (Ketua P4S ”Mekarsari” Subang).

 

Setelah dilaksanakannya praktek lapang, peserta diwajibkan untuk membuat laporan praktek dan langsung dipresentasikan didampingi tiga narasumber yang sangat              berpengalaman, yaitu : Bapak Tawa (Ketua P4S Cara Tani Kabupaten Kuningan),              Ibu Kartikasari (Ketua P4S Mekarsari - Subang), dan Bapak Ishak (Presiden IKAMAJA sekaligus ketua P4S Tani Mandiri Cibodas-Lembang).

 

Pelatihan Kewirausahaan menurut beberapa peserta menyatakan bahwa, pelatihan ini merupakan sebuah ’dunia baru’ yang penuh dengan kedisiplinan, tantangan, dan profesionalisme tinggi yang menjadi ’kawah candradimuka’ sehingga dapat mencetak mereka menjadi calon wirausahawan-wirausahawan sukses.

 

Ini merupakan indikasi awal bagi tumbuh dan berkembangnya minat kaum muda dalam bidang pertanian, sehingga akan bermunculan wirausahawan-wirausahawan yang mandiri dan berdaya saing tinggi yang mampu mensejahterakan dirinya, keluarga dan masyarakat sekitar. Selamat Berjuang Pemuda/Wanita Tani Indonesia.....!!!.

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783