Desa Mandiri Pangan Guna Pemberdayaan Masyarakat

24July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Desa Mandiri Pangan Guna Pemberdayaan Masyarakat

Desa Mandiri Pangan Guna Pemberdayaan Masyarakat

bbppl-demapan1bbppl-demapan1Pembangunan ketahanan pangan diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil dan merata untuk mencapai kemandirian, dan tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat. Perwujudan pemberdayaan masyarakat dalam rangka kemandirian pangan dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat miskin dan rawan pangan di perdesaan. Sejak tahun 2006, Badan Ketahanan Pangan melaksanakan kegiatan Desa Mandiri Pangan (Desa Mapan). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat desa dalam pengembangan usaha produktif berbasis sumber daya lokal, peningkatan daya beli dan akses pangan rumah tangga, sehingga dapat memenuhi kecukupan gizi rumah tangga, yang akhirnya berdampak terhadap penurunan kerawanan pangan dan gizi masyarakat miskin di perdesaan, sejalan dengan salah satu tujuan Millenium Development Goals (MDGs), yaitu untuk mengurangi angka kemiskinan dan kelaparan di dunia sampai setengahnya di tahun 2015.

Untuk mengantisipasi kebutuhan pengembangan Desa Mapan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian cq Pusat Pelatihan Pertanian pada tahun 2013 akan mengembangkan diklat teknis pertanian bagi Aparatur dan Non Aparatur. Dilaksanakannya diklat Desa Mandiri Pangan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur dalam bidang pengembangan sumber daya manusia pada Desa Mandiri Pangan.

bbppl-demapan2bbppl-demapan2Pelaksanaan Diklat Desa Mandiri Pangan Bagi Aparatur Angkatan I dan II ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, yaitu tanggal 14 hingga 21 Mei 2013 bertempat di Kampus BBPP Lembang. Adapun peserta yang mengikuti Diklat Desa Mandiri Pangan ini berjumlah 46 orang yang berasal dari Provinsi Jawa Barat dan terbagi sebanyak 18 Kabupaten / Kota. Peserta yang mengikuti Diklat adalah Penyuluh Pertanian atau Tenaga Pendamping yang mendampingi wilayah desa binaan mandiri pangan.

Selama kegiatan Diklat berlangsung, peserta dilatih oleh fasilitator yang berasal dari Pusat Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP), Dinas Instansi yang terkait dan Praktisi. 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783