Diklat Budidaya Pajale di P4S

24October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Diklat Budidaya Pajale di P4S

Diklat Budidaya Pajale di P4S

Diklat Budidaya Padi, Jagung, dan Kedelai dari oleh dan untuk petani diselenggarakan di P4S dengan maksud meningkatkan kompetensi P4S dalam menyelenggarakan diklat untuk mendukung tercapainya swasembada padi, jagung, dan kedelai di wilayah masing-masing.

bbppl-pajaleP4Sbbppl-pajaleP4SBalai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) wilayah Jawa Barat menyelenggarakan Diklat Budidaya Padi, Jagung, dan Kedelai bagi Petani dengan anggaran APBN-P Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat. Diklat ini dilaksanakan di P4S dengan tujuan meningkatkan kompetensi P4S dalam menyelenggarakan diklat. P4S yang dilibatkan dalam diklat ini sebanyak 45 P4S yang tersebar di 16 kabupaten di Jawa Barat.

bbppl-pajaleP4S2bbppl-pajaleP4S2Diklat Budidaya Pajale bagi Petani dilaksanakan secara simultan mulai minggu ke-2 bulan Agustus hingga minggu pertama bulan September ini mengundang 20 peserta yang merupakan petani binaan P4S masing-masing. Fasilitator yang mengajar pada diklat ini yaitu instruktur P4S, praktisi, dan widyaiswara BBPP Lembang. Adapun materi yang diajarkan sebanyak 40 jam pelajaran terdiri dari 3 kelompok yaitu kelompok dasar dengan materi: 1) Kebijakan pencapaian swasembada berkelanjutan padi, jagung, dan kedelai, 2) Budaya kerja, dan 3) Kelembagaan P4S. Untuk materi inti terdiri dari 9 materi inti, yaitu: 1) Pengolahan lahan, 2) Persiapan benih, 3) Penanaman, 4) Pemupukan, 5) Penyiangan, 6) Pengairan, 7) Pengendalian OPT, 8) Panen dan pascapanen, 9) Kewirausahaan. Materi penunjang terdiri dari: 1) Komitmen berlatih, 2) Rencana implementasi. (che)

bbppl-pajaleP4S1bbppl-pajaleP4S1Hasil evaluasi penyelenggaraan Diklat Budidaya Pajale bagi Petani menunjukkan secara umum terjadi peningkatan pemahaman materi dengan indikator nilai tes akhir (post test) dibandingkan dengan nilai tes awal (pre test) mengalami peningkatan. Untuk evaluasi terhadap fasilitator, tergambar secara umum bahwa fasilitator dinilai telah baik dalam menyampaikan materi kepada peserta. Sedangkan untuk penilaian terhadap pelayanan penyelenggaraan diklat, peserta menilai penyelenggaraan Diklat Pajale di P4S cukup baik meskipun ada beberapa hal yang menjadi catatan untuk perbaikan diklat dimasa yang akan datang.   

 

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783