Diklat Kompetensi Fasilitator Tanaman Organik

24July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Diklat Kompetensi Fasilitator Tanaman Organik

Diklat Kompetensi Fasilitator Tanaman Organik

Hidup sehat dengan organik. Go organic.. go!!!

bbppl diklat fasorganikbbppl diklat fasorganikLiberalisasi ekonomi global menimbulkan berbagai tantangan di sektor pertanian. Salah satu tantangan tersebut berupa meningkatnya persaingan tenaga kerja yang makin ketat sehingga mendorong untuk lebih meningkatkan profesionalisme SDM di pasar global. Profesionalisme SDM pertanian yang mampu bersaing di pasar kerja, harus memiliki kompetensi atau keahlian pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar yang dipersyaratkan serta senantiasa berupaya untuk mengembangkan kompetensinya.

Untuk menghasilkan SDM yang kompeten melalui pelatihan kerja, bertumpu pada 3 pilar utama yaitu standar kompetensi kerja, pelatihan berbasis kompetensi serta sertifikasi kompetensi oleh lembaga sertifikasi yang independen. Tenaga teknis bidang pertanian memiliki peran dan kontribusi bagi keberlangsungan suatu masyarakat, bangsa, dan negara. Oleh karena itu upaya penyiapan dan peningkatan kompetensinya merupakan suatu keharusan.

bbppl diklat fasorganik1bbppl diklat fasorganik1Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, pada Tahun Anggaran 2015 menyelenggarakan Diklat Kompetensi Fasilitator Tanaman Organik selama 7 hari efektif dari tanggal 3 – 10 November 2015. Setelah itu dilanjutkan dengan uji kompetensi dan sertifikasi profesi fasilitator tanaman organik selama 5 hari efektif dari tanggal 11 – 15 November 2015. Peserta sebanyak 30 orang berasal dari 5 kabupaten di Jawa Barat, yaitu Purwakarta, Karawang, Subang, Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

bbppl diklat fasorganik2bbppl diklat fasorganik2Selama mengikuti diklat, peserta mendapat 4 materi kompetensi umum, 14 materi kompetensi inti, dan 1 materi unit kompetensi penunjang. Adapun fasilitator berasal dari STPP Bogor, Balai Penelitian Tanaman Obat dan Rempah, serta praktisi P4S. Kunjungan lapang pada hari ke-6 berlokasi di The Learning Farm, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Peserta banyak menggali informasi dan bertukar pengalaman dengan The Learning Farm tentang pembuatan pestisida nabati, persemaian benih tanaman organik dan pembuatan pupuk kandang.

Hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan diklat meliputi evaluasi daily mood, evaluasi harapan dan kenyataan kepuasan, evaluasi pemahaman materi peserta, evaluasi terhadap sikap peserta, evaluasi terhadap fasilitator, dan evaluasi kunjungan lapang menunjukkan hasil yang cukup baik. Ada beberapa saran peserta yang dapat dijadikan masukan bagi BBPP Lembang untuk penyempurnaan diklat di masa yang akan datang. (che)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783