Diklat Teknis Tematik Malut

18July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Diklat Teknis Tematik Malut

Diklat Teknis Tematik Malut

Penyuluh dan Petani Maluku Utara antusias mengikuti Diklat Teknis Tematik
bbpplembang diklat tematik malut 1Dalam upaya melaksanakan Diklat Teknis Tematik dengan mengembangkan komoditas potensial di Maluku Utara Balai Besar Pelatihan Pertanian bekerjasama dengan BP4K di Kota Ternate, BP4K Kota Tidore Kepulauan dan BP4K Halmahera Barat. Diklat Teknis Tematik di Provinsi Maluku Utara terdiri dari 1 Angkatan di Kota Ternate, 3 Angkatan di Kota Tidore Kepulauan dan 2 Angkatan di Halmahera Barat. Diklat dilaksanakan serentak di 3 pulau dengan jumlah masing-masing angkatan 30 orang.
Pelaksanaan Diklat di Kota Ternate pesertanya sebagian besar penyuluh THL, mereka bersemangat dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Kegiatan berlangsung di BPP Utara tengah, meski para peserta berasal dari berbagai wilayah yang tersebar di Kota Ternate tetapi mereka semangat untuk mengikuti kegiatan setiap hari dengan tepat waktu padahal lokasi pelatihan dengan rumah mereka jaraknya cukup jauh ke lokasi pelatihan. Diklat Teknis Tematik di Kota Ternate dikhususkan pada 3 komoditas yaitu bawang merah, cabai merah dan Jagung. Fasilitator yang mengajar merupakan alumni TOT Bagi Fasilitator Diklat Teknis yang sebelumnya telah berlatih selama 7 hari di Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang. Narasumber berasal dari Sekretaris Bakorluh Maluku Utara, Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate dan Kepala BP4K Kota Ternate. Proses belajar mengajar berjalan lancar begitu pun dengan kegiatan praktek yang dilaksanakan di sekitar lokasi dengan dibagi 3 kelompok. Masing-masing kelompok dibagi berdasarkan komoditas yaitu bawang merah, cabai merah dan jagung, mereka melakukan praktek di lapangan tentang teknologi budidaya yang diterapkan di sana.
Diklat Teknis di Kota Tidore Kepulauan terdiri dari 3 angkatan, 2 angkatan penyuluh pertanian dan 1 angkatan petani. Penyuluh dan petani antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di BP4K Kota Tidore Kepulauan dan BPP Tidore. Peserta datang dari berbagai kecamatan yang jaraknya beragam. Bahkan ada peserta dari pulau yang berbeda bersedia menginap di rumah saudaranya selama pelatihan, padahal tidak ada anggaran akomodasi dalam kegiatan ini tetapi mereka antusias untuk mengikuti kegiatan diklat sampai akhir.
Kegiatan Diklat Teknis Tematik di Kabupaten Halmahera Barat terdiri dari 2 angkatan dilaksanakan di BPP Sahu dan BPP Jailolo. Peserta terdiri dari 1 angkatan penyuluh dan 1 angkatan petani. Peserta bersemangat dari awal pelatihan hingga penutupan, petani yang dilatih merupakan para pelaku usahatani komoditas jagung, padi dan cabai merah. Kegiatan diklat jarang dilaksanakan di lokasi ini. Para peserta senang sekali bisa mengkuti pelatihan tanpa harus meninggalkan usahatani mereka. Petani yang dilatih diharapkan dapat lebih meningkatkan produksi usahataninya dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik.
Dengan adanya Diklat Teknis Tematik di provinsi Maluku Utara diharapkan memberikan pembekalan dan peningkatan kompetensi penyuluh pertanian dalam bidang penguasaan teknologi produksi, untuk disebarluaskan kepada petani dalam rangka mendukung upaya peningkatan dan pengembangan komoditas strategis serta terciptanya ketahanan pangan nasional.

bbpplembang diklat tematik malut 2bbpplembang diklat tematik malut 2

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783