Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan

04December2021

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Pertanian Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan

Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan

User Rating:  / 1
PoorBest 

bbpplembang artikel mawarbbpplembang artikel mawarSiapa tak kenal bunga mawar? Kecantikan dan keharumannya begitu memikat hati banyak orang di seluruh dunia sehingga bunga ini sering digunakan sebagai lambang cinta dan kasih sayang. Tanaman mawar sering digunakan sebagai tanaman penghias halaman dan taman-taman. Bunganya yang indah, sering juga digunakan sebagai penghias ruangan dan dekorasi dalam berbagai pesta dan perayaan. Keharumannya yang khas dan memikat membuat bunga ini digunakan sebagai bahan baku parfum. Namun ternyata bunga mawar memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu untuk memelihara kecantikan sekaligus kesehatan.

Menggunakan tanaman mawar sebagai obat merupakan sebuah tradisi di negara-negara belahan bumi bagian utara. Bangsa Indian di Amerika menggunakan bunga mawar untuk obat flu dan bijinya untuk nyeri otot. Di Eropa, air mawar digunakan untuk perawatan kulit, minyaknya sebagai inhalasi (dihirup) untuk membantu agar bisa tidur nyenyak, sedangkan mahkota bunga mawar dikonsumsi untuk meredakan flu, batuk, keluhan pada paru-paru dan untuk mengatasi infeksi serta rasa sakit pada sistem saluran kencing. Bangsa Cina menggunakan bunga mawar untuk membantu fungsi hati dan limpa serta buah mawar untuk memperkuat ginjal, limpa dan paru-paru. Masyarakat Romawi dan Yunani Kuno menggunakan bunga mawar sebagai pengharum air mandi.

Mawar hibrida yang modern tidak memiliki unsur bersifat pengobatan seperti spesies lama namun dapat digunakan dalam salad atau diberi gula kristal menjadi manisan atau dekorasi makanan. Jenis mawar yang biasa digunakan untuk kecantikan dan pengobatan pada umumnya mawar liar yaitu Rosa centifolia (mawar kubis/cabbage rose), Rosa damascena (Damask rose, berasal dari Iran), Rosa gallica (French rose) dan Rosa canina (dog rose). Hal penting yang harus diperhatikan terutama bila menggunakan mawar untuk makanan maupun kesehatan adalah tidak mengambil bunga atau buah mawar dari tanaman yang disemprot dengan pestisida atau tercemar bahan berbahaya yang berasal dari air maupun udara.

Helaian bunga mawar mengandung flavonoid, gula buah (termasuk fruktosa, glukosa dan maltosa), beragam asam amino, minyak esensial termasuk citonellol, geraniol, eugenol, nerol dan fenil etanol. Selain itu juga mengandung vitamin A, B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (asam nikotinat), B6 (pyridoxine), B7 (niacin), B9 (asam folat), C, D, E dan K. Mineral yang terdapat pada mawar adalah : K, Ca, Mg, Zn, Fe, Na, Cu, Cr, I dan Ni, terdapat juga enzim-enzim yang dapat membantu pencernaan.

           

Mawar untuk Kecantikan

Manfaat terhebat dari bunga mawar adalah senyawa anti inflamasi yang kuat. Sifat ini membantu meredakan infeksi, baik di dalam tubuh maupun pada kulit. Senyawa pada bunga mawar mengurangi ruam kemerahan pada kulit dan senyawa anti bakterinya memungkinkan untuk mengurangi jerawat pada wajah.

Air mawar bisa digunakan sebagai toner, campuran masker, atau Bisa juga dibekukan hingga menjadi es batu. Setelah itu tinggal digunakan untuk ice facial. Cara membuat air mawar dapat dilakukan dengan:menuangkan air suling atau air yang sudah disaring ke dalam panci 500 ml, kemudian masukkan 1 genggam helaian bunga mawar segar, selanjutnya direbus sampai mendidih, panci diangkat dan air mawar didinginkan. Setelah beberapa jam, air mawar dimasukkan ke lemari es selama sekitar 24 jam dengan panci tetap dalam kondisi tertutup. Setelah dingin, helaian bunga mawar disaring dan disimpan ekstraknya ke dalam botol kedap udara. Untuk menjaga air mawar tetap segar, harus selalu disimpan di dalam lemari es. Air mawar ini bisa disimpan dalam lemari es selama satu minggu atau bisa juga dibekukan sebagai es yang dapat menyejukkan wajah setelah terpapar sinar matahari yang terik. Membantu meredakan iritasi kulit (termasuk jerawat dan terkena sinar matahari) atau merehidrasi kulit dengan menyemprotkan air mawar pada wajah setelah mandi atau setelah terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Helai bunga mawar bisa menjadi bahan alami yang baik untuk membantu pengelupasan kulit mati (scrub). Terutama di bagian bibir yang sangat sensitif. Lip scrub dapat dibuat dengan cara: menghaluskan 5-10 helai bunga mawar kering dengan peralatan yang steril kemudian dicampur dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan gula pasir halus. Cara menggunakan lip scrub dengan mengambil sedikit  dan menggosokkan secara lembut pada area bibir, dan didiamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih.

Bunga mawar juga bisa digunakan untuk pembersih muka yang menyejukkan. Cara membuatnya dengan:merendam 8-10 helai bunga mawar di dalam air selama 3 jam, kemudian ditumbuk/dihancurkan helaian bunga mawar dan dicampur dengan 3-4 sendok teh air suling atau air yang sudah disaring, terakhir ditambahkan 2 sendok teh madu. Cara penggunaannya dengan mengoleskan pada wajah dan dibiarkan selama 20 menit kemudian wajah dicuci bersih dengan air dingin.

Pemanfaatan bunga mawar sebagai masker dapat dilakuan dengan cara:merendam 6-8 helai bunga mawar dalam air selama satu jam kemudian ditumbuk/dihancurkan dan dicampur dengan 1 sendok teh plain yogurt dan 1 sendok teh madu. Selanjutnya masker bunga mawar dapat dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 10-15 menit kemudian wajah dicuci dengan air bersih.

Perawatan tubuh dengan menggunakan bunga mawar saat mandi dapat menghidrasi dan menyejukkan tubuh. Caranya adalah dengan mencampurkan ½ cangkir helai bunga mawar dengan segenggam daun mint ditambah dengan 2 sendok teh jus lemon, selanjutnya ramuan ini dicampur dengan air yang akan digunakan untuk mandi. Bila ada yang alergi dengan lemon bisa diganti dengan cuka.

           

Mawar untuk Kesehatan

Antioksidan merupakan senyawa yang membantu melawan pengaruh radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan tekanan oksidatif yang berasosiasi dengan banyak penyakit dan penuaan dini. Sumber utama antioksidan dalam teh bunga mawar adalah polifenol. Kajian pada 12 kultivar mawar menunjukkan bahwa kandungan fenol dan aktivitas antioksidan pada teh bunga mawar sama bahkan ada yang lebih besar dari teh hijau. Teh bunga mawar juga kaya anthocyanin yaitu pigmen berwarna yang berasosiasi dengan sistem berkemih yang baik, kesehatan mata, meningkatkan memori serta menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker.

Teh dari bunga Rosa gallica digunakan di Taiwan untuk meredakan nyeri menstruasi dengan meminumnya 2 cangkir sehari selama 12 hari yaitu 6 hari sebelum periode menstruasi dan 6 hari pada saat menstruasi. Untuk menyembuhkan batuk dan flu caranya dengan mencampur teh mawar dengan 1-2 sendok teh madu lalu ditambahkan beberapa tetes air lemon sebagai penyegar. Mengatasi diare bisa dengan cara membuat teh dari helaian bunga mawar kering tanpa menambahkan gula atau susu kemudian diminum setiap satu jam sekali bila diperlukan.

Mengeringkan bunga mawar caranya mudah. Waktu terbaik memetik bunga mawar untuk dikeringkan adalah pagi hari saat embun sudah menghilang dan tidak ada hujan setidaknya 2 hari sebelum dilakukan pemetikan. Bunga mawar dipetik dari tangkainya ketika mekar sempurna dengan menarik sekaligus seluruh helai bunga mawar. Helai bunga yang masih tetap menempel pada dasar bunga pada saat ditarik berarti belum siap untuk dikeringkan. Helaian bunga yang terlepas dari dasar bunga dikumpulkan pada kantung kertas yang berfungsi menyerap kelembaban dari bunga. Setelah itu helai bunga mawar disebar secara merata pada lembaran kertas koran yang dialasi baki atau wadah datar lainnya lalu dikering-anginkan. Helai bunga mawar ini akan kering dalam beberapa hari.

Cara membuat teh bunga mawar cukup sederhana yaitu: 2 cangkir helaian bunga mawar segar yang sudah dicuci direbus dengan 3 cangkir (700 ml) air sampai mendidih selama sekitar 5 menit, setelah itu dituang ke dalam cangkir dan bisa langsung dinikmati. Teh bunga mawar juga bisa dibuat dari helaian bunga mawar yang telah dikeringkan. Cara membuatnya lebih mudah yaitu: 1 sendok teh helaian bunga mawar kering dituangkan ke dalam cangkir kemudian diseduh dengan air mendidih selama 10-20 menit, sebaiknya cangkir ditutup saat bunga mawar kering diseduh.

Demikian manfaat mawar untuk kecantikan dan kesehatan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 12 Creative Uses for Rose Petals « Survival School - Midwest Native Skills Institute

Anonim. What Is Rose Tea? Benefits and Uses (healthline.com)

Hilterman, K. 2017. Rose — A Medicinal Herb - Herb Federation of New Zealand (herbs.org.nz)

Chidiogo, O. 10 Incredible Health Benefits Of Rose Water » Simply Fashion & Health Care (104fashion.com)

Summers, G. 2020. How to Use Rose Petals for Their Skin Benefits (byrdie.com)

Tantri Setyorini. 2019. 7 Cara Memanfaatkan Bunga Mawar untuk Perawatan Kecantikan | merdeka.com

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783